PKM: PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL AKM BAGI GURU DI KABUPATEN PANGANDARAN

Ratna Sariningsih, - and Gida Kadarisma, - and M. Ghiyats Ristiana, - (2022) PKM: PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL AKM BAGI GURU DI KABUPATEN PANGANDARAN. Abdimas Siliwangi, 5 (2). pp. 357-366. ISSN p-ISSN 2614-7629

[thumbnail of Artikel 12.pdf] Text
Artikel 12.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiat 12.pdf] Text
Hasil Cek Plagiat 12.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengganti Ujian Nasional dengan Asesmen
Nasional yang didalamnya memuat asesmen Kompetensi minimum (AKM). Jenis soal AKM
masih belum familiar di kalangan guru oleh karena itu tujuan dari pengabdian ini adalah untuk
meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam Menyusun soal AKM. Metode dalam
pengabdian ini adalah pelatihan dan workshop penyusunan soal AKM yang dilaksankan 3 sesi.
Instrumen yang menjadi acuan kegiatan ini adalah angket dengan 14 pernyataan untuk
mengukur pemahaman dan keterampilan guru dalam Menyusun soal AKM, subjek dalam
pengabdian ini sebanyak 100 guru di kabupaten Pangandaran yang terdiri dari guru sekolah
dasar dan menengah Adapun lokasi pengabdian yaitu di SDN 2 Pananjung Kab. Pangandaran.
Hasil penngabdian ini yaitu pemahaman dan keterampilan guru dalam Menyusun soal berbasis
AKM meningkat sebesar 34,72% dan masuk dalam kategori baik. Kemudian respon guru positif
terhadap kegiatan pelatihan ini. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat di implementasikan
dalam pembelajaran guru di kelas dengan memberikan soal-soal berbasis AKM kepada siswa
agar siswa lebih siap dalam menghadapi Asesmen Nasional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Training, Workshop, minimum Competency assessment, Literacy, Numeracy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: IKIPEDIA
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 01 Jul 2025 03:17
Last Modified: 01 Jul 2025 03:17
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/324

Actions (login required)

View Item
View Item