ANALISIS KESULITAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Phani Yuliyani, - and Ratna Sariningsih, - and Euis Eti Rohaeti, - (2023) ANALISIS KESULITAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERDASARKAN TEORI NEWMAN. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (4). pp. 1661-1670. ISSN ISSN 2614-221X (print) ISSN 2614-2155 (online)

[thumbnail of Artikel 8.pdf] Text
Artikel 8.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiat 8.pdf] Text
Hasil Cek Plagiat 8.pdf

Download (475kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi
siswa dalam kemampuan pemecahan masalah matematis materi Persamaan
Garis Lurus. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan pengumpulan
data dilakukan dalam bentuk pertanyaan instrumental dengan 4 pertanyaan.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 10 orang. Hasil
analisis peneliti menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa dalam materi persamaan garis lurus masih rendah. Pada materi
persamaan garis lurus ini, siswa kesulitan membaca grafik pada soal yang
disajikan, pemahaman siswa yang kurang terhadap mengkontruksikan data yang
diketahui dan ditanyakan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah,
kesulitan dalam menentukan rumus yang sesuai dengan soal yang disajikan,
kurangnya ketelitian dan ketidaktahuan materi prasyarat terkait dengan masalah,
dan menjawab soal dengan asal-asalan, sehingga siswa tidak dapat
menyelesaikannya dengan benar. Kesulitan tersebut disebabkan oleh kurangnya
ketelitian siswa saat membaca soal-soal berbentuk uraian, tidak memperhatikan
guru saat menjelaskan dan kurang memahami soal-soal berbentuk grafik serta
cara berpikir siswa terhadap masalah matematika itu sulit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Student Difficulties;Problem Solving Skill;Teori Newman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: IKIPEDIA
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:21
Last Modified: 01 Jul 2025 02:21
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item
View Item