MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING

Moch Hasbi Ridlo Ma’sum, 16102007 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini merupakan suatu eksperimen berdisain pre test-post test kelompok kontrol dan bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematik serta kemandirian belajar siswa
SMP melalui pendekatan problem posing. Penelitian ini melibatkan 65 siswa kelas delapan, dan satu set tes uraian berpikir kritis dan pemecahan masalah matematik dan satu set skala kemandirian belajar siswa. Penelitian menemukan
bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematik serta kemandirian belajar siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan metode problem possing lebih baik daripada yang pembelajarannya menggunkana pembelajaran biasa ditinjau secara keseluruhan dan berdasarkan tingkat kemampuan awal matematik siswa. Temuan lainnya adalah tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematik siswa SMP, namun
terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan KAM terhadap kemandirian belajar siswa SMP. Selain itu terdapat asosiasi dengan kategori tergolong sangat tinggi antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan pemecahan masalah
matematik. Akan tetapi tidak terdapat asosiasi antara kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematik dengan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis Matematik, Pemecahan Masalah Matematik, Kemandirian Belajar Siswa, Pendekatan Problem Posing
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 28 Jun 2025 03:01
Last Modified: 28 Jun 2025 03:06
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item
View Item