PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

AZRIAN AKBAR, 19060224 (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN .PDF] Text
LEMBAR PENGESAHAN .PDF

Download (4MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca, kesulitan
guru dalam meningkatkan kemampuan membaca, dan kesulitan siswa dalam
meningkatkan kemampuan membaca dengan menggunakan metode PBL
(Problem Based Learning) pada siswa kelas II SD. Subjek penelitian ini terdiri
dari 28 siswa kelas II SD Negeri Sukajaya Lembang. Penelitian ini menggunakan
pendekatan Mix Methods dengan desain Sequensial Eksplanatory. Instrumen yang
digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca adalah perangkat
pembelajaran yang telah disesuaikan dengan metode PBL (Problem Based
Learning) dalam bentuk tes Pretest-Posttest dan yang diikuti penjelasan data
kualitatif berupa observasi dan lembar angket. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan rumus N-Gain menggunakan Microsoft Excel. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum menggunakan metode PBL
(Problem Based Learning) adalah 75,64 dan setelah menggunakan metode
meningkat menjadi 86,28. Dilihat dari kegiatan tes awal pre-test untuk persentase
ketuntasan siswa hanya 64% sehingga dinyatakan sedang karena beberapa siswa
masih belum tuntas, sedangkan setelah menggunakan metode PBL (Problem Based
Learning)
persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 100%. Hal ini
menujukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan
pembelajaran menggunakan metode PBL (Problem Based Learning). Hasil
analisis statistika uji N-gain, menunjukkan peningkatan pembelajaran siswa dalam
kemampuan membaca, yaitu dapat dilihat dari hasil N-Gain yaitu 0,69 termasuk
dalam kategori sedang dan untuk persentase keefektivitasannya mencapai 100%
termasuk dalam kategori sangat efektif. Maka hasil dari penelitian ini dinyatakan
bahwa metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning)
dapat
meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SDN Sukajaya Lembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Metodel Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:17
Last Modified: 26 Jun 2025 07:17
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/302

Actions (login required)

View Item
View Item