PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Ayu Jessy Yustifa Maharani, 20060387 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta
didik kelas V sekolah dasar pada pembelajaran teks eksplanasi. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca
pemahaman peserta didik dengan menggunakan model problem based learning,
selain itu tujuan dari penelitian ini juga untuk mengetahui respon dan kendala yang
dihadapi guru juga peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan
problem based learning untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.
Peneliti menggunakan metode penelitian mix method explanatory sequential
desain. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN Sukamaju
dengan jumlah 22 peserta didik. Proses pengumpulan data pada penelitian ini yang
digunakan meliputi soal tes, lembar observasi, angket dan wawancara guru dan
peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem
based learning untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta
didik ditunjukkan berhasil, peserta didik memperoleh skor rata-rata pretest sebesar
54,09 dan skor rata-rata posttest sebesar 85,77, serta hasil N-Gain skor rata-rata
peserta didik sebesar 64,24% termasuk dalam kategori cukup efektif. Adapun
kendala yang dihadapi oleh guru diantaranya rendahnya minat literasi peserta didik,
rendahnya pemahaman peserta didik terhadap isi bacaan dan pengkondisian waktu.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi peserta didik
kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Teks Eksplanasi, Kemampuan Membaca Pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:10
Last Modified: 26 Jun 2025 07:10
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item
View Item