PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS III SD PADA MATERI BANGUN DATAR

Arfit Istiyana Putra, 20060025 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS III SD PADA MATERI BANGUN DATAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of BAB l.pdf] Text
BAB l.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini menyoroti pentingnya pengembangan kemampuan berpikir kreatif pada
siswa kelas III SD khususnya pada mata pelajaran Matematika materi bangun datar.
Kemampuan berpikir kreatif sangat krusial di era globalisasi saat ini karena membantu
siswa menemukan solusi inovatif dan relevan dalam kehidupan sehari-hari. Metode
pembelajaran konvensional sering kurang efektif dalam mencapai tujuan ini, sehingga
diperlukan pendekatan yang lebih inovatif seperti model Project based learning (PjBL).
project based learning (PjBL) dapat membuat pembelajaran lebih kontekstual, menarik,
dan relevan dengan dunia nyata, yang pada akhirnya dapat meningkatkan keterlibatan siswa
dan kemampuan berpikir kreatif mereka. Penelitian ini menggunakan metode campuran
untuk mendapatkan data yang komprehensif, valid, reliabel, dan obyektif, menggabungkan
analisis kuantitatif dan kualitatif dengan model penelitian explanatory sequential dan
model one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam
kemampuan berpikir kreatif siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 60.84 pada pretest
menjadi 72.97 pada posttest, dan ketuntasan belajar mencapai 58.82%. Meskipun ada
kendala seperti manajemen waktu dan beragamnya kemampuan siswa, temuan ini
mengonfirmasi bahwa project based learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif dan dapat diimplementasikan dengan sukses dengan strategi dan dukungan
yang tepat. Hasil penelitian ini penting karena memberikan bukti empiris bahwa project
based learning (PjBL) dapat menjadi solusi untuk meningkatkan keterampilan berpikir
kreatif yang esensial bagi siswa di masa depan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project based learning (PjBL), Kemampuan Berfikir Kreatif, Materi Bangun Datar, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:39
Last Modified: 24 Jun 2025 08:39
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/277

Actions (login required)

View Item
View Item