PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR

ANNITHA MARLIANA, 20060204 (2024) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of LAMPIRAN A.pdf] Text
LAMPIRAN A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada
materi pecahan yang masih rendah dan pembelajaran yang masih berpusat pada
guru. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menelaah peningkatan kemampuan
pemecahan masalah, proses pembelajaran menggunakan model Student Teams
Achievement Division (STAD), kesulitan guru dan siswa. Mix method dengan
desain explanatory sequential dan desain one grup pretest posttest adalah metode
dalam penelitian ini, sedangkan subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas V
sekolah dasar yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes
kemampuan pemecahan masalah, dan non tes berupa lembar observasi dan lembar
angket respon. Berdasarkan analisis hasil penelitian, terdapat peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terlihat dari rata-rata nilai pretest
yang semula 11 setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata posttest menjadi 54
dengan rata-rata uji N-Gain sebesar 0,73 berada pada interprestasi sedang, proses
penerapan model STAD berada pada kategori sangat baik terlihat dari rata-rata
aktivitas guru 92,25% dan rata-rata aktivitas siswa 88,50% begitupun dengan hasil
angket respon terhadap guru dan siswa keduanya menunjukan persentase 78% yang
berada pada kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa model STAD dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi
pecahan kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:35
Last Modified: 24 Jun 2025 08:35
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item
View Item