PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI KALOR DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Anisahwa Depiyanti, 20060130 (2024) PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI KALOR DAN PERUBAHANNYA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of LAMPIRAN ].pdf] Text
LAMPIRAN ].pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir
kritis dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) materi
kalor dan perubahannya pada siswa kelas V sekolah dasar. Subjek penelitian adalah
siswa kelas V SDN Sirnagalih sebanyak 30 siswa terdiri 11 siswa perempuan dan 19
siswa laki-laki. Adapun teknik pengumpulan data kuantitatif yang menggunakan yaitu
dengan memberikan soal pretest dan posttest. Hasil penelitian dapat disimpulkan degan
menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatakan
kemampuan berpikir kritis materi kalor dan perubahannya pada siswa kelas V
mengalami peningkatan yang memiliki nilai rata-rata 57,87 sebelum melakukan
treatment dan mengalami peningkatan sebesar 77,35 nilai rata-rata setelah
menggunakan treatment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching and Learning, Berpikir Kritis, Kalor Dan Perubahannya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:03
Last Modified: 24 Jun 2025 07:03
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item
View Item