MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOGIS MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN GEOGEBRA

DAYAT HIDAYAT, 17102020 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOGIS MATEMATIK SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN GEOGEBRA. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis dan logis matematis siswa MA di Kabupaten Bandung Barat, sehingga diperlukan strategi pembelajaran untuk mengatasi masalah tersebut. Alternatif strategi yang diterapkan yaitu dengan pendekatan saintifik berbantuan aplikasi Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah apakah pencapaian kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir logis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan saintifik berbantuan geogebra lebih baik daripada dengan yang menggunakan pembelajaran saintifik dan apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis dan logis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan saintifik berbantuan geogebra lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran saintifik. Serta asosiasi antar kemampuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA di Kabupaten Bandung Barat sedangkan sampel sekolahnya adalah MAN 1 Bandung Barat yang dipilih berdasarkan acak sekolah. Dari sekolah tersebut diambil dua kelas XI tidak secara acak kelas, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen, pembelajarannya menggunakan saintifik berbantuan aplikasi Geogebra sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik. Instrumen dalam penelitian ini adalah seperangkat tes berbentuk uraian sebanyak empat soal kemampuan berpikir kritis dan empat soal tes kemampuan berpikir logis matematis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan berpikir logis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan saintifik berbantuan geogebra lebih baik secara signifikan daripada yang menggunakan pembelajaran saintifik, kemandirian belajar dalam matematika yang pembelajarannya menggunakan saintifik berbantuan geogebra lebih baik secara signifikan daripada yang menggunakan saintifik. Selain itu, terdapat hubungan atau asosiasi yang sedang antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir logis matematis. Serta terdapat asosiasi sedang kemampuan berpikir logis dengan kemandirian belajar matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis matematis, Kemampuan berpikir logis matematis, kemandirian belajar, pendekatan saintifik, geogebra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:58
Last Modified: 24 Jun 2025 06:58
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item
View Item