Anisa Rahmawati, 20060363 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (268kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (291kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (492kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (412kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (496kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (582kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (671kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (806kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (534kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (580kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman
konsep terutama dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan pemamaham konsep IPA siswa kelas V sekolah dasar
dengan menggunakan model problem based learning, kesulitan siswa dalam
meningkatkan pemahaman konsep IPA dan kendala yang dihadapi guru ketika
menerapkan model problem based learning pada siswa kelas V SD. Metode
penelitian yang digunakan adalah mix methods dengan desain explanatory
sequential. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa dengan jumlah siswa
laki-laki 10 orang dan siswa perempuan 12 orang. Proses pengumpulan data
diperoleh dari tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dengan menggunakan model problem based learning memperoleh kategori cukup
efektif sebesar 65%, serta dapat berpengaruh terhadap nilai rata-rata siswa dari
pretest dan posttest sebesar 47,27 menjadi 77,5. Hal ini menunjukkan terjadi
peningkatan yang signifikan pada pemahaman konsep IPA siswa. Kesulitan siswa
kelas V SD dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA motivasi belajar siswa
yang menurun dan kurang minatnya siswa dalam belajar berkelompok. Adapun
kendala yang dihadapi guru seperti perlu menyesuaikan materi pembelajaran IPA
dengan kebutuhan model problem based learning, waktu pelaksanaan
menggunakan model problem based learning cukup terbatas, tidak semua materi
terdapat permasalahan, dan fasilitas yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:53 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:53 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/267 |