PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Anisa Rahmawati, 20060363 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (582kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (806kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya pemahaman
konsep terutama dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui peningkatan pemamaham konsep IPA siswa kelas V sekolah dasar
dengan menggunakan model problem based learning, kesulitan siswa dalam
meningkatkan pemahaman konsep IPA dan kendala yang dihadapi guru ketika
menerapkan model problem based learning pada siswa kelas V SD. Metode
penelitian yang digunakan adalah mix methods dengan desain explanatory
sequential. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 siswa dengan jumlah siswa
laki-laki 10 orang dan siswa perempuan 12 orang. Proses pengumpulan data
diperoleh dari tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
dengan menggunakan model problem based learning memperoleh kategori cukup
efektif sebesar 65%, serta dapat berpengaruh terhadap nilai rata-rata siswa dari
pretest dan posttest sebesar 47,27 menjadi 77,5. Hal ini menunjukkan terjadi
peningkatan yang signifikan pada pemahaman konsep IPA siswa. Kesulitan siswa
kelas V SD dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA motivasi belajar siswa
yang menurun dan kurang minatnya siswa dalam belajar berkelompok. Adapun
kendala yang dihadapi guru seperti perlu menyesuaikan materi pembelajaran IPA
dengan kebutuhan model problem based learning, waktu pelaksanaan
menggunakan model problem based learning cukup terbatas, tidak semua materi
terdapat permasalahan, dan fasilitas yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:53
Last Modified: 24 Jun 2025 02:53
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item
View Item