ANIELA ANASTASHA RAHAYU, 20060086 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (28kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Download (17kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (130kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (25kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (300kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (728kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (948kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (14kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model
Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman
kelas III sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Mix
Method dengan desain Sequential Explanatory. Penelitian dilakukan di SDN
Lembur Muncang Soreang, Kab. Bandung. Dengan jumlah sampel 24 siswa kelas
III. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara guru, angket
respon siswa, pretest dan postest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
menghitung skor pretest-posttest, menghitung N-gain, Uji Normalitas, Uji
Homogenitas, dan Uji Independent Sample T- test. Hasil penelitian menunjukkan
rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa dari kelas III yaitu sebagai
berikut : Uji Normalitasnya dari pretest 0,000 dan posttest 0,004, pretest-posttest
homogenitasnya diperoleh hasil signifikansi 0,131 ini membuktikan adanya
peningkatan N-Gain sebesar 0,5607 atau 56% hal ini termasuk dalam kelompok
cukup efektif dan hasil Uji T-test nya bernilai signifikansi (2-tailed) 0,000 <0,05 ini
menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan
variabel akhir. Hasil respon siswa dalam angket yang diperoleh terhadap PBL,
dengan hasil tersebut model PBL membantu siswa untuk memudahkan
pembelajaran sehingga siswa bisa lebih memahami pembelajaran yang
disampaikan dan hasil wawancara guru terhadap kendala dalam penggunaan PBL
ini menghadapi beberapa tantangan yaitu siswa banyak bertanya sebelum
pembelajaran karena mereka melakukannya di luar dari pertanyaan bahasan atau
ada beberapa pertanyaan dalam subjek yang dibahas. Namun di luar itu
pembelajaran ini memberikan positif baik terhadap guru dalam proses
pembelajaran. Oleh karena itu, dari siswa pun menanggapi bahwa model PBL
dalam pembelajaran ini dapat membantu siswa lebih memahami isi bacaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran IPA, Siswa Kelas 3 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:50 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:50 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/266 |