Asep Mulyana, 16102006 (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIK SISWA SMA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (929kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (182kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (491kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini adalah suatu eksperimen berdesain pre test-postes dengan kelompok kontrol bertujuan menganalisis peranan kemampuan awal matematika dan problem solving terhadap kemampuan dan disposisi berpikir kritis dan keatif matematik siswa SMA. Penelitian melibatkan 63 siswa kelas-11 SMA di Kabupaten Bandung Barat. Instrumen dalam penelitian ini adalah satu set tes pilihan ganda kemampuan awal matematik, satu set tes uraian kemampuan berpikir kritis matematik, satu set tes uraian kemampuan berpikir kreatif matematik, satu set skala disposisi berpikir kritis dan satu set skala disposisi berpikir krearif. Penelitian menemukan pencapaian dan peningkatan serta disposisi berpikir kritis dan kreatif siswa yang memperoleh pendekatan problem solving mencapai mutu yang lebih baik daripada mutu siswa yang mendapat pembelajaran biasa, dan mutu kemampuan dan diposisi berpikir kritis dan kreatif siswa tergolong pada level baik. Temuan lainnya, terdapat asosiasi antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif. Dan tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematik dan pembelajaran terhadap pencapaian kemampuan dan disposisi berpikir kritis dan kreatif matematik siswa. Selain itu siswa menunjukkan lebih aktif belajar selama pendekatan problem solving dibandingkan dalam pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Disposisi Berpikir Kritis, Disposisi Berpikir Kreatif, Pendekatan Problem Solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:38 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:38 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/262 |