MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PENALARAN MATEMATIK SERTA KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE SPARKOL VIDEOSCRIBE

AMBAR PRAWOTO, 17102003 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PENALARAN MATEMATIK SERTA KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE SPARKOL VIDEOSCRIBE. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of Folder 2.pdf] Text
Folder 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Folder 3.pdf] Text
Folder 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi dan penalaran matematik serta kepercayaan diri siswa SMP antara yang menggunakan pendekatan problem based learning berbantuan
software sparkol video scribe dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem based learning saja. Mendeskripsikan asosiasi antar variable dan gambaran kinerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksprerimen
dengan desain pretes dan postes desain. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah tes dan non tes, instrument tes mencakup tes kemampuan koneksi dan penalaran matematik, sedangkan non tes mencakup tes skala sikap kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi dan penalaran matematik siswa SMP dengan pendekatan problem based learning berbantuan software sparkol videoscribe lebih baik daripada yang
menggunakan pendekatan problem based learning saja. Kepercayaan diri siswa dikelas dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan problem based learning berbantuan software sparkol videoscribe lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan problem based learning saja. Terdapat asosiasi yang kuat antara kemampuan penalaran dengan koneksi matematik, kemampuan penalaran dengan kepercayaan diri , serta kemampuan koneksi dengan kepercayaan diri. Gambaran siswa secara keseluruhan dengan pendekatan problem based learning berbantuan software sparkol videoscribe lebih unggul dan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil tersebut membuktikan bahwa penggunaan pendekatan problem based learning berbantuan software sparkol videoscribe lebih baik daripada pendekatan problem based learning saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran matematik, kemampuan koneksi matematik, Kepercayaan diri, Problem Based Learning, Sparcol Videoscibe
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 23 Jun 2025 06:21
Last Modified: 23 Jun 2025 06:21
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item
View Item