ALFINA FUJIYANTI, 20060265 (2024) PENGGUNAAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATERI SIKLUS AIR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (777kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (14kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (77kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (373kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (821kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (347kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (254kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11MB)
Abstract
pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada materi siklus air
dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode penelitian
yang digunakan adalah mix methode dengan desain sequential explanatory.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 35 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang terdiri dari pretes
postes dan instrumen non tes yang terdiri dari angket respon siswa, lembar
observasi dan wawancara. Hasil data kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata awal sebesar 55,14 dan
nilai rata-rata akhir sebesar 81,68. Pembelajaran dengan adanya pemberian
perlakuan menggunakan metode inkuiri terbimbing memperoleh peningkatan dan
nilai yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,000. Efektivitas penggunaan
metode inkuiri terbimbing ditinjau pada perolehan skor nilai N-Gain sebesar 0,60
atau 60% menunjukkan cukup efektif. Hasil data kualitatif menunjukkan terdapat
kendala siswa dalam pembelajaran inkuiri terbimbing berupa siswa mengalami
kendala dalam menangkap fokus, kurangnya minat membaca, kendala
mengkategorikan dan menyimpulkan siklus air berdasarkan perbedaannya.
Kendala yang dialami guru dapat berupa pengelolaan kelas, mengkondisikan
siswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan pengelolaan durasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:38 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:38 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/248 |