Ai Elis Sriyanti, 20060352 (2024) PENGGUNAAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (57kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (86kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (47kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (52kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (40kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan siswa kelas IV dalam
pembelajaran membaca pemahaman teks bacaan
menggunakan model
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), serta untuk
mengetahui kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru dalam penggunaan model
CIRC. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas IV SDN 2 Sodong dengan menggunakan model
pembelajaran CIRC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Mix
Method atau metode campuran dengan desain sequential explanatory. Subjek
dalam penelitian ini, siswa kelas IV SDN 2 Sodong yang berjumlah 25 siswa
terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik kuantitatif dalam bentuk tes pretest-postest dan teknik
kualitatif berupa observasi, dan lembar angket. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan rumus N-Gain menggunakan Microsoft Excel. Hasil
analisis menunjukan nilai rata-rata, sebelum menggunakan model CIRC nilai rata
rata yang diperoleh siswa adalah 70 dan setelah menggunakan model CIRC
meningkat menjadi 83. Dilihat dari kegiatan tes awal (pretest) untuk persentase
ketuntasan siswa hanya 60% sehingga dinyatakan rendah. Sedangkan setelah menggunakan model CIRC persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 92%,
hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan
pembelajaran mnggunakan model CIRC. Hasil analisis statistika uji N-gain,
menunjukan peningkatan pembelajaran siswa dalam kemampuan membaca
pemahaman teks nonfiksi, yaitu dapat dilihat dari hasil N-Gain yaitu 0,56
termasuk dalam kategori sedang dan untuk persentase efektivitasnya mencapai
56,8% termasuk dalam kriteria cukup efektif. Maka hasil dari penelitian ini
dinyatakan bahwa model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas kelas IV SDN 2 Sodong.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC): Kemampuan Membaca Pemahaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:31 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:31 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/243 |