ADE, TINA ROHIMAH (2019) PENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA MTS MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf - Cover Image
Download (67kB)
![[thumbnail of ABSTRAK]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak_Kata_Pengantar_Daftar_Isi.pdf - Other
Download (188kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Pengesahan new.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of SURAT PERNYATAAN]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Surat Pernyataan.pdf
Download (30MB)
![[thumbnail of File_2_Bab_I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File_2_Bab_I.pdf
Download (152kB)
![[thumbnail of File_3_Bab_II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File_3_Bab_II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (215kB)
![[thumbnail of File_4_Bab_III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File_4_Bab_III.pdf
Download (340kB)
![[thumbnail of File_5_Bab_IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File_5_Bab_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of File_6_Bab_V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File_6_Bab_V.pdf
Download (93kB)
![[thumbnail of File_7_Daftar_Pustaka.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File_7_Daftar_Pustaka.pdf
Download (158kB)
![[thumbnail of File_8_Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File_8_Lampiran.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rohimah. A.T. (2019) Peningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa MTs Melalui Pendekatan Problem Posing. Siswa hanya diberikan beberapa contoh teks deskripsi yang ada di buku paket dan latihan yang dikerjakan siswa kurang menyebabkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa masih rendah dan kreativitas dalam menulis karangan tidak berkembang. Berangkat dari fenomena itu, penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan pengetahuan dan keterampilan menulis teks deskripsi siswa MTs yang pembelajarannya menggunakan pendekatan problem posing dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2010 dan SPSS 22. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan kelas VIIB berjumlah 50 orang, di salah satu MTs Cililin. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, data yang diambil berdasarkan pretes, postes, juga observasi selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata postest pengetahuan kelas yang menggunakan pendekatan problem posing sebesar 74,4 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran biasa; (2) Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian keterampilan menulis teks deskripsi diperoleh pada kelas eksperimen skor rata-rata 72,8 dan kelas kontrol 62,6; (3) Berdasarkan hasil analisis data pada tabel koefisien korelasi antara pengetahuan dan keterampilan menulis teks deskripsi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 0,96 yang artinya memiliki keterkaitan yang sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teks deskripsi, problem posing |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 03:21 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 07:29 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/24 |