PENERAPAN METODE DIALOGIC READING BERBANTUAN WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B POSPAUD SAMIAJI AL-AFLAH

YIYI SUYILISTIANI, 20070117 (2024) PENERAPAN METODE DIALOGIC READING BERBANTUAN WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B POSPAUD SAMIAJI AL-AFLAH. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of pengesahan yiyi.pdf] Text
pengesahan yiyi.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Surat pernyataan keaslian.pdf] Text
Surat pernyataan keaslian.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas peningkatan kemampuan Bahasa
Ekspresif melalui Penerapan Metode Dialogic Reading Berbantuan Wayang Kelompok B
di Pospaud Samiaji Al-Aflah. Tujuan pada penelitian ini adalah: 1)
Proses
penerapan metode dialogic reading berbantuan wayang untuk meningkatkan kemampuan
bahasa ekspresif anak usia dini. 2)
Kendala yang dihadapi oleh guru dan peserta
didik Pospaud Samiaji Al-Aflah kelompok B dalam melaksanakan pembelajaran dengan
menggunakan metode dialogic reading berbantuan wayang untuk meningkatkan
kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini. 3) Efektivitas penerapan metode dialogic
reading berbantuan wayang untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia
dini. Metode dialogic reading adalah pendekatan pembelajaran membaca dengan bantuan
bahan ajar untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan berbahasa serta
literasi dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methode dengan desain The
Explanatory Sequential Design. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Populasi penelitian adalah 11 anak dan menggunakan
teknik simple random sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian adalah sampel
total berjumlah 11 siswa.. Dari hasil perhitungan diperoleh harga determinasi sebesar
0,930 artinya Metode dialogic reading memberikan pengaruh sebesar 93 % terhadap
kemampuan bahasa anak kelompok B di Pospaud Samiaji Al-Aflah. Hipotesis penelitian
(Ha): Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan Dialogic Reading
Berbantuan Wayang sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif
anak kelompok B Pospaud Samiaji Al-Aflah dapat diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Dialogic Reading Berbantuan Wayang, Kemampuan Bahasa Ekspres
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 19 Jun 2025 06:23
Last Modified: 19 Jun 2025 06:23
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item
View Item