Siti Hapsah, 20070029 (2024) PENINGKATAN KREATIVITAS SENI RUPA MELALUI KEGIATAN POINTILLISM ART PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Abstrak.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak.pdf
Download (45kB)
![[thumbnail of Cover.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of Daftar Isi.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Isi.pdf
Download (113kB)
![[thumbnail of Daftar Riwayat Hidup.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Riwayat Hidup.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Kata Pengantar.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Pengesahan.pdf
Download (145kB)
![[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf
Download (289kB)
![[thumbnail of Lembar Persembahan.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lembar Persembahan.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of Motto.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Motto.pdf
Download (110kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (142kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (197kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (420kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (118kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan yang didapat terkait kemampuan literasi
digital anak usia dini yang perlu ditingkatkan secara optimal, dimana kemampuan
literasi digital merupakan kemampuan yang perlu dimiliki anak pada abad 21.
Namun pada kenyataan dilapangan, kemampuan literasi digital belum dapat
distimulasi dengan baik, seperti kurangnya pemahaman anak dalam memperoleh
informasi yang bersumber dari teknologi digital dengan tepat dan jelas. Maka dari
itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran
interaktif melalui teknologi augmented reality untuk meningkatkan kemampuan
literasi digital anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mix
Method dengan desain penelitian Sequential Explanantory Design. Pada desain ini,
tahap pertama yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kuantitatif dan dilanjutkan
dengan data kualitatif. Subjek penelitian yaitu anak usia dini (5-6 tahun) di RA
Arafah. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara serta
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini melalui 5
teknik analisis data yaitu: 1) Uji Validitas, 2) Uji Reliabilitas, 3) Uji Normalitas, 4)
Uji Paired Sample t-test (Uji Wilcoxon) dan 5) Uji Statistik Deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran
interaktif melalui teknologi augmented reality dapat meningkatkan kemampuan
literasi digital anak yang dapat dilihat dari hasil akhir pada tingkat efektivitasnya
berada pada 95,3 yang termasuk kategori sangat efektif, dibandingkan dengan
menggunakan media buku bergambar dan boneka jari pada tingkat efektivitasnya
berada pada 49,2 yang termasuk kategori cukup efektif. Maka dari itu,
pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif melalui
teknologi augmented reality sangat efektif digunakan untuk meningkatkan
kemampuan literasi digital anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Augmented Reality, Kemampuan Literasi Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 04:19 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 04:19 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/212 |