PENINGKATAN KREATIVITAS SENI RUPA MELALUI KEGIATAN POINTILLISM ART PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Siti Hapsah, 20070029 (2024) PENINGKATAN KREATIVITAS SENI RUPA MELALUI KEGIATAN POINTILLISM ART PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of Daftar Isi.pdf] Text
Daftar Isi.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of Daftar Riwayat Hidup.pdf] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Lembar Persembahan.pdf] Text
Lembar Persembahan.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of Motto.pdf] Text
Motto.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang didapat terkait kemampuan literasi
digital anak usia dini yang perlu ditingkatkan secara optimal, dimana kemampuan
literasi digital merupakan kemampuan yang perlu dimiliki anak pada abad 21.
Namun pada kenyataan dilapangan, kemampuan literasi digital belum dapat
distimulasi dengan baik, seperti kurangnya pemahaman anak dalam memperoleh
informasi yang bersumber dari teknologi digital dengan tepat dan jelas. Maka dari
itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran
interaktif melalui teknologi augmented reality untuk meningkatkan kemampuan
literasi digital anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Mix
Method dengan desain penelitian Sequential Explanantory Design. Pada desain ini,
tahap pertama yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kuantitatif dan dilanjutkan
dengan data kualitatif. Subjek penelitian yaitu anak usia dini (5-6 tahun) di RA
Arafah. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara serta
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini melalui 5
teknik analisis data yaitu: 1) Uji Validitas, 2) Uji Reliabilitas, 3) Uji Normalitas, 4)
Uji Paired Sample t-test (Uji Wilcoxon) dan 5) Uji Statistik Deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran
interaktif melalui teknologi augmented reality dapat meningkatkan kemampuan
literasi digital anak yang dapat dilihat dari hasil akhir pada tingkat efektivitasnya
berada pada 95,3 yang termasuk kategori sangat efektif, dibandingkan dengan
menggunakan media buku bergambar dan boneka jari pada tingkat efektivitasnya
berada pada 49,2 yang termasuk kategori cukup efektif. Maka dari itu,
pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif melalui
teknologi augmented reality sangat efektif digunakan untuk meningkatkan
kemampuan literasi digital anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Augmented Reality, Kemampuan Literasi Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 18 Jun 2025 04:19
Last Modified: 18 Jun 2025 04:19
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item
View Item