RITA DAMAYANTI, 22070067 (2024) IMPLEMENTASI DISIPLIN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (35kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (160kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (127kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (414kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (657kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (81kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keterampilan sosial yang masih rendah pada
anak usia 4-5 tahun. Hal ini terjadi karena keterampilan sosial belum terstimulasi
dengan baik. Terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana
proses implementasi disiplin positif untuk meningkatkan keterampilan sosial anak
usia 4-5 tahun?, (2) apa kendala yang dihadapi anak dan guru dalam implementasi
disiplin positif? dan (3) efektivitas penerapan disiplin positif untuk meningkatkan
keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun?, dilihat dari : a. Peningkatan keterampilan
sosial; b. Ketuntasan belajarnya; dan c. Peningkatan aktivitas belajar anak. Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan
sosial anak usia 4-5 tahun melalui implementasi disiplin positif. Berdasarkan temuan
keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun yang masih rendah. Hal ini karena
kemampuan anak dalam menunjukkan kemampuan pengendalian perasaan,
menunjukkan interaksi dengan teman, berempati dan menunjukkan percaya diri
masih rendah. Penelitian ini menggunakan metode Mix Method dengan desain
Exploratory Squential Design. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK
Selaras. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif mencakup reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian analisis data kuantitatif dengan
deskriptif menggunakan rumus rata-rata dan presentase, kemudian dirumuskan
menggunakan kategori efektivitas dan diolah dengan dengan statistika diferensial
menggunakan SPSS. Proses penerapan disiplin positif untuk meningkatkan
keterampilan sosial memiliki nilai akumulatif 101 sebelum penerapan dan 194
setelah penerapan disiplin positif. Kendala yang dihadapi guru dan anak adalah
konsistensi dalam menjalankan suatu metode dan adaptasi anak dalam kegiatan
pembelajaran. Efektivitas implementasi disiplin posistif untuk meningkatkan
keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun. Seluruh subjek penelitian (10 anak)
mengalami peningkatan setelah penerapan disiplin positif. Hasil sebelum yaitu 40%
belum berkembang (BB) dan 60% mulai berkembang (MB). Hasil setelah penerapan
30% berkembang sesuai harapan (BSH) dan 70% berkembang sangat baik (BSB),
statistik menunjukkan perubahan yang signifikan dengan implementasi disiplin
positif untuk meningkatkan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan sosial, disiplin positif, anak usia dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:46 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 07:46 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/200 |