PENGGUNAAN METODE DRILL MELALUI PERMAINAN MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

RISNA HANAFIAH, 22070003 (2024) PENGGUNAAN METODE DRILL MELALUI PERMAINAN MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of abstrak.pdf] Text
abstrak.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of kata pengantar.pdf] Text
kata pengantar.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of daftar isi..pdf] Text
daftar isi..pdf

Download (269kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of BAB3.pdf] Text
BAB3.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of BAB4.pdf] Text
BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[thumbnail of BAB5.pdf] Text
BAB5.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatakn kecerdasan
intrapersonal anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan metode drill melalui
permainan modifikasi. Masalah pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses
penggunaan metode drill melalui permainan modifikasi untuk meningkatkan
kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahun (2) Kendala apa yang dihadapi oleh
guru dan anak dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode drill
melalui permainan modifikasi (3) Bagaimana efektivitas penggunaan metode drill
melalui permainan modifikasi untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak
usia 5-6 tahun dilihat dari: a. Peningkatan kecerdasan intrapersonal; b. Ketuntasan
belajarnya; c. Peningkatan aktivitas belajar anak. Berdasarkan temuan kecerdasan
intrapersonal anak masih sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh metode
pembelajaran yang kurang menarik, guru masih berfokus pada CALISTUNG dan
kurangnya kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini
menggunakan
metode Mix Method dengan desain penelitian Exploratory
Sequential Desain. Subjek penelitian adalah anak usia dini (5-6 tahun) di RA
Muhammad Iqbal. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi
dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif dengan rumus rata-rata dan
presentase, kemudian dirumuskan dengan menggunakan kategori efektivitas dan
diolah dengan statistika diferensial menggunakan SPSS. Proses Penggunaan
metode drill melalui permainan modifikasi memiliki nilai akumulatif sebelum
penggunaan metode drill melalui permainan modifikasi dengan hasil 80, dan
setelah menggunakan dengan hasil 154. Kendala yang dihadapi guru dan anak
adalah karena barunya metode dan kegiatan yang di pakai menjadi cukup sulit
untuk menggunakan nya. Efektivitas metode drill melalui permainan modifikasi
efektif meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak usia 5-6 tahun. Seluruh subjek
penelitian (10 anak) mengalami peningkatan setelah penggunaan metode ini. Hasil
pretest yaitu 50% belum berkambang, 30% mulai berkembang, dan 20%
berkembang sesuai harapan. Hasil posttest yaitu 80% berkembang sangat baik,
20% berkembang sesuai harapan, statistik menunjukan peningkatan yang signifikan
dengan menggunakan metode drill melalui permainan modifikasi untuk
peningkatan kecerdasan intrapersonal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intrapersonal, Metode Drill, Permainan Modifikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:43
Last Modified: 13 Jun 2025 07:43
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item
View Item