PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK KELOMPOK B

Nur Hikmah, 20070037 (2024) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK KELOMPOK B. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (825kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya pengembangan kemampuan bahasa semenjak anak usia dini. Bahasa
reseptif adalah kemampuan menyimak, membaca, mendengarkan informasi dan
memahami bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methode dengan
desain penelitian sequential Explanatory Design, mengumpulkan data kuantitatif
kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data kualitatif. Subjek dalam
penelitian adalah anak usia dini (usia 5-6 tahun) di TK Budi Luhur. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Video Animasi untuk
meningkatkan kemampuan Bahasa Reseptif anak usia dini. Masalah pada
penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana proses pembelajaran dalam menggunakan
media video animasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa reseptif pada anak
di TK Budi Luhur?(2) Kendala apa saya yang dihadapi oleh guru dalam proses
pembelajaran dalam menggunakan media video animasi dalam meningkatkan
kemampuan bahasa reseptif di TK Budi Luhur (3) Bagaiman Efektivitas
penggunaan media video animasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa
reseptif pada kelompok B di TK Budi Luhur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: Deskripsi efektivitas penggunaan media video animasi dalam
meningkatkan kemampuan bahasa reseptif dilihat dari : a. Kemampuan bahasa
reseptif; b. Ketuntasan belajarnya; c. Peningkatan aktivitas belajar anak yaitu pada
P1 dengan hasil akhir 100%, P2 dengan hasil akhir 100%, P3 dengan hasil akhir
100%,
P4 dengan hasil akhir 100%, kemampuan bahasa reseptif dengan
menggunakan media video animasi dengan rata-rata, yaitu 92,5%. Dengan tingkat
efektivitas sebesar 12,7 termasuk kategori efektif. 3) Deskripsi kendala yang
dihadapi oleh Guru dan Peserta didik dalam mengetahui efektivitas penggunaan
media video animasi dalam meningkatakan kemampuan bahasa reseptif terbagi
menjadi dua faktor yaitu: (1) Faktor Internal, (2) Faktor Eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Reseptif, Media Pembelajaran, Video Animasi, Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:25
Last Modified: 13 Jun 2025 07:25
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item
View Item