PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF DENGAN MENGGUNAKAN PAPAN KAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN PADA KELOMPOK A

Lisanti, 18070122 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HURUF DENGAN MENGGUNAKAN PAPAN KAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN PADA KELOMPOK A. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Daftar pustaka.pdf] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (778kB)
[thumbnail of Lampiran 1.pdf] Text
Lampiran 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah semua bahan atau alat fisik yang digunakan untuk
memberikan stimulus, membangkitkan keinginan, minat, dan motivasi anak didik.
Serta untuk mengimplementasikan pembelajaran dan memfasilitasi prestasi
anak didik belajar terhadap sasaran atau tujuan pembelajaran. Media
pembelajaran berfungsi penting untuk membantu pendidik dalam melaksanakan
pembelajaran agar tercapai suatu tujuan yang efektif dan efisien.
Adapun rumusan dari penelitian ini adalah : apakah dengan menggubakan media
kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak. Tujuan dari
penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui sekenario untuk meningkatkan
kemampuan keaksaraan awal menggunakan media kartu huruf dengan
menggunakan papan kayu pada anak. 2. Untuk mengetahui implementasi kartu
huruf dengan menggunakan papan kayu untuk meningkatksn keaksaraan pada
anak.
3. Untuk mengetahui respon guru dan peserts didik dalam kegiatan yang di
laksanakan melalui media kartu huruf. Pendekatan yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah pendekatan menggunakan metode penelitian dan
pengembangan atau disebut Research and Development (R & D) yaitu metode
penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji
keefektifitasan produk tersebut. Objek penelitian ini adalah 2 anak perempuan
dan 3 anak laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian mengembangkan kemampuan
emosional anak terlihat hasil akhir anak mampu bersabar, anak mampu
menghargai hasil karyanya dan orang lain, anak mampu mengucapkan tolong,
anak mampu ucapkan terimakasih, anak mampu antri penelitian ini dioptimalkan
melalui (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Keaksaraan, kartu Huruf, Papan Kayu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:31
Last Modified: 13 Jun 2025 04:05
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item
View Item