PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELOMPOK B RA AS-SALAAM

Fitrotunnisa Nadhmi Kamil, 20070064 (2024) PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELOMPOK B RA AS-SALAAM. UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of ABSTAK.pdf] Text
ABSTAK.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)

Abstract

Kosakata Bahasa Inggris belum tercapai secara optimal. Hal ini terlihat dari masih
banyak anak yang belum mampu mengenal kosakata Bahasa inggris. Untuk
meningkatkannya peneliti menyesuaikan dengan tahapan usia perkembangannya, dengan
media yang sesuai dan menarik. Maka peneliti menggunakan media pop-up book.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui efektivitas peningkatan kosakata Bahasa
Inggris jika diterapkan media pop-up book dapat dilihat dari : a. peningkatan kosakata
Bahasa Inggris setelah pembelajaran menggunakan media pop-up book b. ketuntasan
belajar menggunakan media pop-up book c. peningkatan aktivitas 2. Proses penerapam
media pop-up book 3. Kendala yang dihadapi oleh guru dan anak dalam melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan pop-up book. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Mix Methode dengan desain penelitian sequential Explanatory
Design. Tahap pertama yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kuantitatif kemudian
mengumpulkan data kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah anak usia 5-6 tahun,
sebanyak 10 anak di RA As-Salaam. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
yang signifikan pada penggunaan pop-up book yang dilakukan selama delapan kali
pertemuan, dimana nilai rata-rata kosakata anak meningkat dari 50,5 menjadi 82,25.
Peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris mencapai 95% termasuk dalam
kategori efektif. Kendala yang dihadapi guru dan anak adalah media yang mudah rusak
dan kurangnya pengulangan dalam penggunaan kosakata tersebut di luar jam
pembelajaran.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kosakata Bahasa Inggris, Media Pop-up Book, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 13 Jun 2025 02:19
Last Modified: 13 Jun 2025 02:19
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item
View Item