PENGGUNAAN MODEL STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI CAHAYA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Susilawati, Ade Nira (2024) PENGGUNAAN MODEL STEM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI CAHAYA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Repository IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Draft Version

Download (19kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Draft Version

Download (69kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf - Draft Version

Download (81kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf - Draft Version

Download (132kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf - Draft Version

Download (97kB)
[thumbnail of PERNYATAAN.pdf] Text
PERNYATAAN.pdf - Draft Version

Download (78kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Draft Version

Download (152kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Draft Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Draft Version

Download (212kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Draft Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Draft Version

Download (74kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Draft Version

Download (81kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf - Draft Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas V sekolah dasar melalui Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic). Penelitian ini menggunakan metode mix method yang menggabungkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif. Adapun desain yang digunakan adalah the sequential explanatory, yang dimana pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan pretest-posttest, dan data kualitatif dilakukan dengan sebaran angket dan wawancara kepada pihak yang terkait. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang bertempat di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Tasikmalaya yang terdiri dari 23 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis secara kesuluruhan diketahui bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep IPA dengan perolehan nilai rata-rata pretest yaitu, 58,81 dan posttest yaitu 78,53. Namun terdapat beberapa kesulitan siswa seperti masih terdapat beberapa siswa yang masih belum percaya diri dalam memberikan tanggapan dan membuat kesimpulan dalam berdiskusi. Selain itu juga terdapat kesulitan yang dialami guru yaitu waktu yang dipergunakan sangat terbatas,namun hal ini dapat teratasi dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : STEM, Pemahaman Konsep, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 31 May 2025 08:02
Last Modified: 31 May 2025 08:02
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item
View Item