Ega Ai Nuraeni, 17070276 (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DALAM PEMBELAJARAN DARING. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (54kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (290kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (323kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (404kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (336kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (999kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (187kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Pentingnya seorang anak usia dini menempuh pembelajaran pada usia emas
atau yang lebih sering disebut dengan golden age salah satu stimulus yang
penting adalah berpikir simbolik, kemampuan berpikir simbolik seorang anak
akan terangsang dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dengan
suatu permainan menggunakan media kartu angka.
Adapun rumusan dari penelitian ini adalah apakah dengan melakukan
kegiatan permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berpikir
simbolik anak. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan Skenario
dan implementasi meningkatkan kemampuan berpikir simbolik dengan
permainan kartu angka dalam pembelajaran daring. (2) Medeskripsikan respon
anak terhadap implementasi meningkatkan kemampuan berpikir simbolik
dengan permainan kartu angka dalam pembelajaran daring. (3)
Mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami anak implementasi
meningkatkan kemampuan berpikir simbolik dengan permainan kartu angka
dalam pembelajaran daring. (4). Kendala-kendala yang dialami dalam
implementasi meningkatkan kemampuan berpikir simbolik dengan permainan
kartu angka dalam pembelajaran daring. Pendekatan yang dilakukan dalam
penelitian ini adalah pendekatan menggunakan metode deskriptif kualitatif
yang menghasilkan data deskriptif dari orang-orang yang dapat diamati yaitu
peserta didik yang ada di TK Elektrika. Objek penelitian ini adalah 8 anak
kelompok A TK Elektrika. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan
berpikir simbolik anak meningkat dengan signifikan, setelah dilakukannya
pembelajaran dengan permainan kartu angka. Penelitian ini dioptimalkan
melalui (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Simbolik, Permainan Kartu Huruf |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 07:51 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 07:51 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/164 |