MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4- 5 TAHUN PAUD MEKAR SANTOSA

Ayu Marlina, 16070312 (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4- 5 TAHUN PAUD MEKAR SANTOSA. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah penggunaan cerita bergambar dalam
menstimulus kemampuan kreativitas pada anak usia dini 4-5 tahun. kemudian
mengamati kendala-kendala yang terjadi selama proses pembelajaran dan
bagaimana upaya meningkatkan kemampuan kreativitas melalui cerita
bergambar pada anak usia dini kelompok A PAUD Mekar Santosa. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif.
Adapun subjek pada penilitian ini adalah anak kelompok usia 4-5 tahun dengan
jumlah 10 anak. Data yang dikumpulkan menggunakan istrumen penelitian,
wawancara dan studi dokumentasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan
interaktif model dengan langkah-langkah analisis data yaitu reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa adanya peningkatan kreativitas pada anak usia dini melalui
pembelajran penggunaan cerita bergambar pada kelompok A PAUD. Yang
sebelumnya anak-anak menunjukan sikap malas membuka buku, tidak
memahami tokoh dalam cerita,serta kegiatan tokoh dalam cerita tersebut setelah
anak di stimulus dengan pembelajaran menggunakan ceriat bergambar anak
menjadi lebih aktif dalam pembelajaran anak dapat memahami alur cerita
kemudian anak dapat mengembangkan ide ide kemudian menyusun menjadi
sebuah cerita anak sudah dapat menentukan karakter serta alur. Cerita
bergambar merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan
kemampuan kreativitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Cerita Bergambar, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:10
Last Modified: 12 Jun 2025 04:10
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item
View Item