PEMBELAJARAN DARING STIMULASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI DI RA LAA TANSA

Ai Nurjanah, 17070200 (2024) PEMBELAJARAN DARING STIMULASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK MELALUI PENERAPAN METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI DI RA LAA TANSA. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of BAB lV.pdf] Text
BAB lV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)

Abstract

Pada tahun 2021 wabah pandemi covid-19 sedang menyelimuti
dunia, tidak terkecuali pada negara Indonesia . Hal ini sangat berpengaruh
terhadap berbagai sektor, terutama pada sektor pendidikan. Pemerintah
menjadikan pembelajaran daring sebagai solusi yang efektif dalam menghadapi
kondisi ini, terutama pada pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini
merupakan fase pondasi untuk mengembangkan berbagai aspek kecerdasan
perkembangan, terutama aspek kecerdasan bahasa atau verbal lingustik. Dalam
mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak, dapat dilakukan melalui
berbagai metode, salah satunya dengan metode bercerita. Namun masih
rendahnya minat untuk mendengarkan cerita, kurang komunikatifnya anak
dalam bertanya, kosa kata yang terbatas dan rasa ingin tahu yang rendah pada
anak kelompok B, hal ini yang mendasari peneliti melakukan penelitian. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimna penerapan metode
bercerita dalam pembelajaran daring dapat menstimulasi kecerdasan verbal
lingistik pada anak. Subjek dalam penelitian ini, 13 anak kelompok B RA Laa
Tansa Parongpong Bandung Barat. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif
kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil
menunjukan melalui penerapan metode bercerita yang dilaksanakan selama
delapan pertemuan dalam
pembelajaran daring dapat meningkatkan
kecerdasan verbal linguistik anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, kecerdasan verbal linguistik, metode bercerita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:24
Last Modified: 11 Jun 2025 07:24
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item
View Item