Sri Apriliani, 20510042 (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ETNOMATEMATIKA. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of COVER.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (249kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (304kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (412kB)
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (394kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (484kB)
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Download (737kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (334kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (263kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis serta ketuntasan belajar siswa yang
menggunakan model Problem Based Learning berbantuan etnomatematika, proses
penerapan model Problem Based Learning berbantuan etnomatematika pada
pembelajaran siswa SMP kelas VIII dan kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa
SMP kelas VIII dalam melakukan pembelajaran dengan model Problem Based
Learning. Metode yang digunakan adalah Mixed Method. Adapun desain yang
digunakan adalah Explanatory Sequential Design. Subjek yang digunakan adalah
siswa kelas VIII-B sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII
C sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol di SMP YPI Sukawening Garut. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara guru
dan siswa, dan soal uraian tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan
etnomatematika lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa.
Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan
model Problem Based Learning berbantuan etnomatematika lebih baik daripada yang
menggunakan pembelajaran biasa. Siswa SMP kelas VIII yang menggunakan model
Problem Based Learning berbantuan etnomatematika mengalami ketuntasan belajar.
Proses penerapan model Problem Based Learning berbantuan etnomatematika pada
pembelajaran siswa SMP kelas VIII sudah berjalan sesuai dengan langkah-langkah
model Problem Based Learning. Kendala yang dihadapi oleh guru saat menggunakan
model Problem Based Learning yaitu sulitnya mengkoordinasikan kelas atau sulitnya
untuk menguasai kelas dan kurangnya respon dari siswa ketika guru menerapkan
model Problem Based Learning sedangkan kendala yang dihadapi oleh siswa yaitu
kurang teliti, kurangnya rasa ingin tahu, kurangnya keberanian, kurangnya rasa empati,
tidak percaya diri serta takut salah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Problem Based Learning, Etnomatematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 06:54 |
Last Modified: | 21 Jun 2025 06:48 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/132 |