MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING BERBANTUAN VBA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

Lestari Roswahyuliani, 22102025 (2024) MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING BERBANTUAN VBA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah perbedaan pencapaian dan
peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis siswa
yang memperoleh pembelajaran menggunakan model CORE (Connecting,
Organizing, Reflecting, Extending) berbantuan vba powerpoint ditinjau dari level
kemampuan awal matematis dan faktor pembelajaran. Penelitian ini merupakan
penelitian mixed methode dengan menggunakan desain sequential explanatory.
Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas X di salah satu sekolah
menengah atas di Kabupaten Bandung Barat. Terdapat 72 siswa kelas sepuluh yang
menjadi sampel dalam penelitian ini yang terbagi kedalam tiga jenis level
kemampuan awal matematis yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang
digunakan adalah tes diagnostik untuk mengukur kemampuan awal matematis
siswa, tes formatif kemampuan berpikir kritis matematis, angket disposisi
matematis, angket respon siswa, dan lembar observasi guru. Analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis parametrik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa :
(1) tidak terdapat perbedaan kemampuan awal matematis siswa pada kelas yang
mendapatkan model pembelajaran CORE dan kelas yang mendapatkan model
pembelajaran biasa; (2) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir kritis
matematis siswa ditinjau dari level kemampuan awal matematis (tinggi, sedang,
rendah) dan faktor pembelajaran; (3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan
berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari level kemampuan awal matematis
(tinggi, sedang, rendah) dan faktor pembelajaran; (4) terdapat perbedaan
pencapaian disposisi siswa ditinjau dari level kemampuan awal matematis (tinggi,
sedang, rendah) dan faktor pembelajaran; (5) model pembelajaran CORE
berbantuan vba powerpoint efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis matematis dan disposisi matematis pada materi perbandingan
trigonometri; (6) model pembelajaran CORE berbantuan vba powerpoint memiliki
dampak positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan
disposisi matematis pada materi perbandingan trigonometri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CORE, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis,Disposisi Matematis, Kemampuan Awal Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 11 Jun 2025 02:30
Last Modified: 11 Jun 2025 02:30
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item
View Item