PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

JAFAR HIDAYATULLAH, 20102009 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kompetensi yang ditunjukkan siswa dalam
melakukan prosedur secara fleksibel, akurat efisien dan tepat. Dengan pemahaman
konsep siswa dapat percaya diri untuk menyelesaikan persoalan-persoalan
matematika sehingga dapat menciptakan kemandirian dalam belajar. Salah satu
upaya yang dapat dilakukan adalah penggunaan bahan ajar yang inovatif dan
memuat pendekatan saintifik model discovery learning. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian
ini menggunakan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan
yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek uji
coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Islam Terpadu Nurul
Huda Batujaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuisioner,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis
kelayakan produk, untuk mengetahui keefektifan menggunakan uji independent
Ttest dan uji N-Gain, selain itu juga dilakukan analisis data secara deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan meliputi tahap analisis,
perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi sehingga dihasilkan bahan
ajar LKPD, bahan ajar tersebut dinyatakan layak dari aspek media, LKPD maupun
RPP. Penggunaan bahan ajar LKPD dengan menggunakan pendekatan saintifik
model discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman
matematis peserta didik, kemandirian belajar peserta didik juga meningkat setelah
mendapatkan pembelajaran yang menggunakan bahan ajar LKPD yang telah
dikembangkan. Kesimpulan penelitian in adalah bahan ajar LKPD layak dan efektif
meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan kemandirian belajar peserta
didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: statistika, saintifik, discovery learning, pemahamanmatematis, kemandirian belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 11 Jun 2025 02:26
Last Modified: 11 Jun 2025 02:26
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item
View Item