PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA SMP MELALUI METODE DEMONSTRAS

Siti Masitoh, 17810025 (2019) PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA SMP MELALUI METODE DEMONSTRAS. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of BAB 1 TEKS BERITA.pdf] Text
BAB 1 TEKS BERITA.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of BAB 2 TEKS BERITA_.pdf] Text
BAB 2 TEKS BERITA_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[thumbnail of BAB 3 TEKS BERITA_.pdf] Text
BAB 3 TEKS BERITA_.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of BAB 4 TEKS BERITA_.pdf] Text
BAB 4 TEKS BERITA_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5 TEKS BERITA_.pdf] Text
BAB 5 TEKS BERITA_.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menelaah kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi pada kelas eksperimen
dan metode biasa pada kelas control. Populasi dan sampel dalam penelitian ini ialah 30 siswa dari masing-masing kelas kontrol dan eksperimen di SMP Negeri 1 Jatisari Kabupaten Karawang. Kemampuan siswa dalam pengetahuan dan keterampilan menulis teks berita tersebut diukur dalam pre test dan post
test yang dilaksanakan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS V.22. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengetahuan menulis teks berita pada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi lebih baik daripada menggunakan pembelajaran biasa; (2) Kemampuan keterampilan menulis teks berita pada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi lebih baik daripada menggunakan metode biasa; (3) Terdapat asosiasi/hubungan yang signifikan antara kemampuan pengetahuan dan kerampilan materi teks berita dengan menggunakan metode demonstrasi; (4) Gambaran kinerja siswa SMP dalam implementasi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi sangat baik karena mampu menjadikan siswa berperan aktif dalam pembelajaran untuk memahami materi secara utuh dan efisien. Siswa mampu menyelesaikan soal-soal secara tepat waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan dan keterampilan Menulis, Teks Berita, Metode Demonstrasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:43
Last Modified: 10 Jun 2025 02:43
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item
View Item