Siti Masitoh, 17810025 (2019) PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA SMP MELALUI METODE DEMONSTRAS. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (889kB)
![[thumbnail of BAB 1 TEKS BERITA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 TEKS BERITA.pdf
Download (70kB)
![[thumbnail of BAB 2 TEKS BERITA_.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2 TEKS BERITA_.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
![[thumbnail of BAB 3 TEKS BERITA_.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3 TEKS BERITA_.pdf
Download (587kB)
![[thumbnail of BAB 4 TEKS BERITA_.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4 TEKS BERITA_.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB 5 TEKS BERITA_.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5 TEKS BERITA_.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA_.pdf
Download (108kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menelaah kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi pada kelas eksperimen
dan metode biasa pada kelas control. Populasi dan sampel dalam penelitian ini ialah 30 siswa dari masing-masing kelas kontrol dan eksperimen di SMP Negeri 1 Jatisari Kabupaten Karawang. Kemampuan siswa dalam pengetahuan dan keterampilan menulis teks berita tersebut diukur dalam pre test dan post
test yang dilaksanakan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS V.22. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengetahuan menulis teks berita pada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi lebih baik daripada menggunakan pembelajaran biasa; (2) Kemampuan keterampilan menulis teks berita pada siswa yang pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi lebih baik daripada menggunakan metode biasa; (3) Terdapat asosiasi/hubungan yang signifikan antara kemampuan pengetahuan dan kerampilan materi teks berita dengan menggunakan metode demonstrasi; (4) Gambaran kinerja siswa SMP dalam implementasi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi sangat baik karena mampu menjadikan siswa berperan aktif dalam pembelajaran untuk memahami materi secara utuh dan efisien. Siswa mampu menyelesaikan soal-soal secara tepat waktu.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan dan keterampilan Menulis, Teks Berita, Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 02:43 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 02:43 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/115 |