PENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

RIMA SINTIA, 17810020 (2019) PENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (990kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Sintia, R. (2019). Judul penelitian ini adalah “Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Model PembelajaranBerbasis Masalah”. Berdasarkan hasil observasi peneliti di sekolah ternyata hal yang melatarbelakangi masalah ini yaitu kurangnya minat dan kreativitas siswa dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, dikarenakan siswa selalu terpaku dengan apa yang diberikan oleh gurunya, sehingga siswa kesulitan dalam
menuangkan imajinasi dan kreativitas yang ada dalam pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui hasil belajar antara kelas yang
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan yang menggunaka pendekatan konvensional, mengetahui ada atau tidaknya keterkaitan antara pengetahuan dan keterampilan, mengetahui kinerja siswa ketika pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah, penyelesaikan soal-soal pengetahuan, dan ketika menyelesaikan tugas praktik menulis teks laporan.
Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan disain nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa SMK kelas X TM 1 dan X AK 4 yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kelas eksperimen lebih baik dalam pengetahuan menulis teks laporan hasil observasi dan keterampialn menulis teks lebih baik daripada kelas kontrol. Pada data uji asosiasi antara pengetahuan dan keterampilan kelas eksperimen diperoleh nilai sig 0,000 sehingga 0,000<0,05. Hal tersebut artinya terdapat asosiasi antara pengetahuan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Kinerja siswa pada saat
pembelajaran menggunakan model berbasis masalah berdasarkan hasil observasi kineja siswa sangat baik. adapun kinerja siswa pada saat menjawab soal pengetahuan kelas eksperimen dikategorikan baik dan kinerja siswa saat menyelesaikan tugas praktik keterampilan di kelas eksperimen dikategorikan baik dan di kelas kontrol dikategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Observasi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 05 Jun 2025 06:40
Last Modified: 05 Jun 2025 06:40
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item
View Item