PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA MTs MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW)

Rahmat Widayat, 17810014 (2019) PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA MTs MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW). Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Widayat, R. 2019: Judul dalam penelitian ini adalah ”Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa MTs Melalui Strategi Think Talk Write (TTW)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi masih rendah. Sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi, dilakukan penelitian dalam pembelajaran menulis teks eksposisi dengan menggunakan strategi TTW. Permasalahan penelitian dibatasi dalam hal: (1) Apakah pengetahuan menulis teks eksposisi pada siswa MTs dengan menggunakan strategi TTW lebih baik daripada menggunakan pembelajaran biasa? (2) Apakah keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa MTs dengan menggunakan strategi TTW lebih baik daripada menggunakan pembelajaran biasa? (3) Apakah terdapat asosiasi antara pengetahuan dengan keterampilan pada siswa MTs dalam menulis teks eksposisi? (4) Bagaimana gambaran kinerja siswa MTs dalam: a. Implementasi pembelajaran dengan menggunakan strategi TTW? b. Menyelesaikan soal-soal tes menulis teks eksposisi? c. Menyelesaikan tugas-tugas praktik menulis teks eksposisi?. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Farisy Kota Cimahi tahun ajaran 2018-2019. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu, Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, bentuk pre-experimental design yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Farisy Kota Cimahi dan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B Kota Cimahi sebanyak 25 orang. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan, (1) Nilai pengetahuan menulis teks eksposisi siswa MTs yang menggunakan strategi TTW lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa (saintifik), hal tersebut terlihat dari adanya perbedaan nilai siswa pada saat posttest dan hasil perhitungan SPSS v.22. (2) Nilai keterampilan menulis teks eksposisi siswa MTs yang menggunakan strategi TTW lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa (saintifik), hal tersebut terlihat dari adanya perbedaan nilai siswa pada saat posttest dan hasil perhitungan SPSS v.22. (3) Terdapat asosiasi antara pengetahuan dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa MTs dengan kategori tergolong sangat tinggi. (4) Gambaran kinerja siswa dalam: a. Implementasi pembelajaran dengan menggunakan strategi TTW membantu siswa dalam mengontruksi pengetahuannya sendiri sehingga pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik, siswa dapat mengomunikasikan atau mendiskusikan pemikirannya sehingga siswa saling membantu bertukar pikiran bersama temannya dan dapat melatih siswa untuk menuliskan hasil diskunya ke bentuk tulisan secara sistematis. b. Menyelesaikan soal-soal menulis teks eksposisi yaitu dengan memahami konsep umum, struktur, kaidah kebahasaan, dan menyunting yang terdapat dalam teks eksposisi. c. Menyelesaikan tugas-tugas praktik menulis teks eksposisi yaitu, dengan memahami kaidah kebahasaan dan langkah dalam menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: peningkatan kemampuan menulis, teks eksposisi, strategi TTW
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Haidar Zein
Date Deposited: 05 Jun 2025 04:29
Last Modified: 05 Jun 2025 04:32
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item
View Item