Penggunaan bahan ajar teks deskripi menggunakan problem based learning berbantuan aplikasi canva terhadap kemampuan menulis siswa smp kelas vii sangat membantu peserta didik untuk memahami dan membuat teks deskripsi
Penelitian ini dilakukan menggunakan langkah-langkah Borg and Gall. Pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan lembar validasi dan angket
Bahan ajar menggunakan pendekatan kontelektual berbantuan media photoghrafi dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi dan minat belajar siswa.
Dalam proses pengembangan bahan ajar teks deskripsi menggunakan model discovery learning berbantuan aplikasi capcut pada siswa SMP. kelayakan bahan ajar materi teks deskripsi. respon siswa terhadap bahan ajar materi teks deskripsi. menulis teks deskripsi siswa SMP kelas VII
Kelayakan bahan ajar memperoleh rata-rata 82% dengan kriteria "Sangat Layak". Respon siswa mencapai 83% pada uji coba terbatas dan 80% pada uji coba kriteria "Sangat Baik". Hasil menulis siswa pada uji terbatas memperoleh rata-rata 77 sedangkan pada uji luar memperoleh 79. Dapat disimpulkan siswa mencapai KKM yang ditetapkan.
Materi teks deskripsi menggunakan metode Suggestopedia berbantuan audio sangat efektif dalam pembelajaran daring pada kelas VII D SMPN 4 Cimahi dengan nmemiliki siswa 90%
Skenario pembelajaran teks deskripsi pada metode problem based learning dengan setting examples/ non examples, respon guru dan siswa keals VII, kesulitan yang dialami peserta didik SMP, kendala yang dialami guru
Latar belakang penelitian ini dikarenakan masih banyaknya siswa yang kesulitan dalam pelajaran menulis dan menganggap pelajaran menulis itu membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah hasil implementasi metode example non example dalam meningkatkan kemampuan menulis. Metode penelitian ini adalah metode quasi experimental design. Hasil penelitian terbukti efektik kare…