Text
PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS PIDATO DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS X DI SMAN 2 PADALARANG TAHUN AJARAN 2015-2016
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi dengan guru mata pelajaran bahasa
Indonesia saat ini kemampuan menulis masih rendah. Siswa menganggap menulis teks
pidato sulit, padahal menulis teks pidato adalah salah satu materi yang harus dikuasai
oleh siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai
berikut 1. Bagaimana perencanaan pembelajaran menyusun teks pidato menggunakan
metode pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas X di SMAN 2 Padalarang? 2.
Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menyusun teks pidato menggunakan metode
pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas X di SMAN 2 Padalarang? 3. Apakah
terdapat perbedaan hasil kemampuan menyusun teks pidato pada siswa yang
menggunakan dan yang tidak menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek di
kelas X SMAN 2 Padalarang? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar
siswa dalam pembelajaran menyusun teks pidato pada siswa yang menggunakan dan yang
tidak menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek di kelas X SMAN 2
Padalarang. Metode yang penulis gunakan adalah metode eksperimen “control-group
pretest-posttest design”. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah siswa
yang ada di kelas X SMAN 2 dengan sampel kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan
kelas X-8 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 76 siswa. Berdasarkan hasil penelitian,
diperoleh simpulan bahwa penggunaan metode pembelajaran berbasis proyek dapat
meningkatkan hasil kemampuan siswa dalam menyusun teks pidato. Berdasarkan uji
nonparametrik dengan aplikasi IBM SPSS Statistics 22 jenis Mann-Withney Test, hasil
menunjukkan bahwa diperoleh harga U adalah 583,500, yang juga merupakan jumlah
rangking terkecil dan harga Asymp.Sig adalah 0,0245 yang berada di bawah harga alpha
0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil kemampuan
menyusun teks pidato dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek pada
kelas eksperimen dan metode ceramah pada kelas kontrol, serta metode pembelajaran
berbasis proyek lebih efektif dibandingkan metode ceramah.
Kata Kunci: Menyusun Teks Pidato, Metode Pembelajaran Berbasis Proyek
ETD000052 | Skripsi Yes P 2016 | UPT Perpustakaan IKIP Siliwangi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain