Jurnal
MENULIS TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NEUROLINGUISTIC PROGRAMMING (NLP) DI SMK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran, respons guru dan siswa, serta untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SMK kelas X dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan model NLP. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan sampel siswa SMK kelas X TO berjumlah 38 orang. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) implementasi pembelajaran dilaksanakan sejumlah dua
kali pertemuan dengan hasil observasi yang menunjukkan kategori sangat baik, demikian juga hasil belajar siswa terdapat peningkatan dari rata-rata 65,5 menjadi rata-rata 85; (2) respons guru terhadap pelaksanaan pembelajran berada pada level sangat baik, demikian juga respons siswa. (3) kesulitan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu pada saat menjawab soal-soal yang berkaitan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan pada diksi atau pilihan kata.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain