PENGEMBANGAN E-MODUL STATISTIKA BERBANTUAN CANVA DENGAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK DAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMA

DEWI RATNA SARI, 20102014 (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL STATISTIKA BERBANTUAN CANVA DENGAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK DAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMA. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover Tesis.pdf] Text
1. Cover Tesis.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 3. Scan Lembar Pernyataan Bermaterai.pdf] Text
3. Scan Lembar Pernyataan Bermaterai.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf] Text
4. Abstrak.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 5. Kata Pengantar dll.pdf] Text
5. Kata Pengantar dll.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 6. Daftar Isi.pdf] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi ststistik siswa
dalam menyelesaikan masalah Statistika dan rendahnya resiliensi matematis siswa
dalam menghadapi masalah Statistika. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah:
modul ajar dengan Discovery Learning berbantuan Canva yang dikembangkan
telah memenuhi validitas konten, muka, dan memiliki kesesuaian untuk dipelajari
oleh siswa sehingga e-modul layak digunakan dalam eksperimen yang
direncanakan; kegiatan siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan e-modul berbantuan Canva dengan Discovery Learning; kesulitan
kesulitan yang dialami siswa SMA kelas XII dalam menyelesaikan soal
kemampuan literasi statistik; kemampuan literasi statistik siswa yang memperoleh
pembelajaran menggunakan E-Modul Statistika berbantuan Canva dengan
Discovery Learning lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran biasa;
resiliensi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan e-modul
Statistika berbantuan Canva dengan Discovery Learning lebih baik daripada yang
memperoleh pembelajaran biasa. Metode penelitian yang digunakan ialah Research
and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan model ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation) dan eksperimen pada uji coba
produk. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Cililin untuk uji coba terbatas,
SMA Negeri 1 Batujajar untuk uji coba luas dan SMA Darul Falah Cihampelas
untuk uji coba produk. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi produk,
lembar respon guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran,
lembar tes kemampuan literasi statistik siswa, dan lembar skala resiliensi matematis
siswa. Seluruh data hasil penelitian diolah dengan menggunakan Microsoft Excel
dan SPSS dalam bentuk statistika deskriptif dan statistika inferensial. Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: hasil pengembangan e-modul
berbantuan Canva dengan Discovery Learning ditinjau dari validitas konten, muka,
dan memiliki kesesuaian untuk dipelajari oleh siswa sehingga e-modul layak
digunakan dalam eksperimen yang direncanakan dengan hasil kepraktisan dan
keefektifan diperoleh dalam kategori baik; skenario dan implementasi
pembelajaran secara keseluruhan dapat terlaksana dengan baik; kesulitan-kesulitan
dalam menyelesaikan soal kemampuan literasi statistik yang dialami siswa pada
soal nomor lima dengan indikator soal yaitu menginterpretasi data menyajikan data
dalam bentuk lain; dan kemampuan literasi statistik dan resiliensi matematis siswa
yang menggunakan e-modul statistika berbantuan Canva dengan Discovery
Learning lebih baik dari yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Statistika, Discovery Learning, Canva, Kemampuan Literasi Statistik, Resiliensi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:29
Last Modified: 05 Jun 2025 03:29
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item