TANIA PRISCILA, 21810017 (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DAN KREATIVITAS SISWA SMP KELAS VII. Masters thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Cover.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (239kB)
![[thumbnail of ABSTRAK.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf
Download (194kB)
![[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR ISI.pdf
Download (519kB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (348kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (492kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran diperlukan juga model pembelajaran yang akan
mendukung perangkat pembelajaran. Model pembelajaran ini sebagai cara untuk
menyampaikan materi yang digunakan oleh guru dalam mengaplikasikan
perangkat pembelajaran yang telah disiapkan. Ada banayak sekali model
pembelajaran, salah satunya adalah Project Based Learning (PjBL). Kurikulum
merdeka dan PjBL sama-sama mendorong siswa untuk kerja tim, memperkuat
keterampilan sosial, dan membangun pemahaman yang lebih mendalam dari topik
yang dipelajari. PjBL dan kurikulum merdeka memiliki kesamaan lain yaitu
mengangkat permasalahan dan tantangan yang berkaitan dengan dunia nyata yang
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa langkah yang akan
digunakan dalam penelitian model Project Based Learning (PjBL) : penentuan
proyek, perencanaan langkah-langkah penyelesaian proyek, penyusunan jadwal
pelaksanaan proyek, penyelesaian proyek dengan fasilitas dan monitoring guru,
penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil proyek, pendidik melakukan
pengarahan pada proses pemaparan proyek tersebut. Kemudian melakukan
refleksi serta menyimpulkan secara garis besar apa yang telah diperoleh melalui
melalui lembar pengamatan dari pendidik. Canva adalah aplikasi dalam jaringan
untuk membuat sebuah desin grafis dan konten publikasi yang cepat
pengoperasiannya dibandingkan dengan perangkat lunak lain. Media ini
digunakan untuk menarik perhatian peserta didik sehingga dapat meningkatkan
kreativitas dan hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Metode penelitian
ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D).Uji coba
terbatas dilaksanakan di SMP Negeri 16 Cimahi dengan sampel 30 orang siswa.
menyatakan bahwa hasil belajar siswa dalam menulis teks prosedur menggunakan
model pembelajaran proyek dan aplikasi Canva berpengaruh dan bermakna. Uji
coba produk dilaksanakan di SMP Hikmah Teladan dengan sampel total sampel
60 orang siswa, 30 orang siswa dari kelas eksperimen dan 30 orang siswa kelas
kontrol. Berdasarkan tabel hasil uji hipotesis diterima. Maksudnya, ada perbedaan
antara keterampilan dan kreativitas menulis teks prosedur kelas eksperimen
dengan kelas kontrol. Uji coba luas dilaksanakan di SMP Waringin Bandung
dengan sampel 56 orang siswa dengan rincian sebagai berikut, 28 orang siswa
pada kelas eksperimen serta 28 orang siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan tabel
hasil uji hipotesis diterima. Maksudnya, ada perbedaan antara keterampilan dan
kreativitas menulis teks prosedur kelas eksperimen dengan kelas kontrol.Simpulan
dari pengujian-pengujian adalah data yang didapat memiliki perbedaan antara
keterampilan menulis teks prosedur kelas eksperimen dan kontrol. Selain itu, ada
pengaruh model pembelajaran proyek dan aplikasi Canva sebagai media
pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBl, canva, teks prosedur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Nova Nur Aropah S. Ptk. |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 03:52 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 03:52 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/87 |