PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGALI INFORMASI TEKS SEJARAH DAN SELF CONFIDENCE SISWA SEKOLAH DASAR

Eponiah, 22810006 (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGALI INFORMASI TEKS SEJARAH DAN SELF CONFIDENCE SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 2b BAB I.pdf] Text
2b BAB I.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 2c BAB II.pdf] Text
2c BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of 2d BAB III.pdf] Text
2d BAB III.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 2e BAB IV.pdf] Text
2e BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition ( CIRC ) dalam
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa serta kepercayaan diri ( self
confidance ) dalam menggali teks sejarah di SDN Karawang Wetan III yang
dilatarbelakangi dari permasalahan pembelajaran awal yang masih kontekstual
tanpa perangkat pembelajaran yang lengkap, media pembelajaran yang tidak
mendukung serta tidak terlihat adanya aktivitas siswa yang signifikan, sehingga
tidak terlihat adanya kepercayaan diri siswa ( self confidance ) dan perubahan sikap
siswa dalam pemebelajaran. Penerapan model pembelajaran CIRC mene pada
kolaborasi antar siswa melalui kegiatan membaca, diskusi dan menulis terstruktur
yang dirancang untuk membangun siswa mengembangkan keterampilan analisis
teks dan menyususn argumen yang berbasis bukti hasil ananlisis data penelitian.
Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penilitian metode campuran
(mixed methode ) dengan melibatkan 35 siswa kelas VI tahun pelajaran 2023/ 2024
yang teridir dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan sebagai subjek
penelitian . Data kuantitatif diperoleh melalui tes keterampilan berpikir kritis dan
skala kepercayaan diri. Sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui observasi
dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa siswa menunjukkan
rasa percaya diri baik, 69% berada pada kategori baik, 26% rasa percaya diri cukup,
dan 9% rasa percaya diri kurang. Selain itu, terdapat hasil yang menunjukkan bahwa
sebagian besar siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis baik, 40% termasuk
dalam kategori baik, 51% memiliki kemampuan kritis cukup, dan hanya 9% yang
memiliki kemampuan kritis kurang. Sebanyak 84% siswa telah dinyatakan tuntas,
sedangkan 14% belum tuntas dalam menggali informasi teks sejarah. Hal ini
menunjukan bahwa penerapan model cooperative integrated reading composition
dapat mempengaruhi siswa dalam self confidence dan keterampilan berpikir kritis
menggali informasi teks sejarah di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Integrated Reading Composition Keterampilan Menggali Informasi, Berpikir Kritis, Self Confidence
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Nova Nur Aropah S. Ptk.
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:54
Last Modified: 04 Jun 2025 02:54
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item
View Item