PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR APLIKATIF BERBASIS WEBSITE DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 GUNUNGHALU

ADITYA TRIANA MUSTOPA, 18010040 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR APLIKATIF BERBASIS WEBSITE DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 GUNUNGHALU. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman awal.pdf] Text
Halaman awal.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran Penelitian.pdf] Text
Lampiran-lampiran Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media belajar aplikatif berbasis website, yang dapat digunakan pada proses layanan bimbingan klasikal. Untuk mereduksi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg & Gall. Kegiatan penelitian dan pengembangan melalui studi identifikasi masalah, pengumpulan data, pembuatan produk hipotetik, uji ahli dan uji praktisi, revisi desain I dan uji coba produk. Subjek penelitian melibatkan satu ahli media, satu ahli materi, satu praktisi BK dan tiga puluh siswa dalam uji coba luas. Data yang terkumpul adalah
data untuk mengukur kelayakan produk. Data yang dihasilkan melalui teknik pengumpulan data untuk mengukur kelayakan dalam bentuk lembar penilaian dari uji ahli dan uji praktisi serta hasil dari kelayakan pengguna. Teknik pengumpulan
data untuk mengukur kelayakan produk menggunakan angket dan skala likert. Analisis data menggunakan deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penilaian dari tiga validator diperoleh penilaian dapat digunakan, artinya bahwa media belajar aplikatif berbasis website ini layak/valid digunakan dalam pemberian layanan bimbingan klasikal bidang belajar. Ada peningkatan kemampuan mengatasi kesulitan belajar sebelum dan sesudah pemberian layanaan bimbingan klasikal
dengan menggunakan media belajar aplikatif. Sebelum menggunakan media belajar aplikatif berbasis website kemampuan dalam mengatasi kesulitan belajar memperoleh nilai rata-rata sebesar 72% dengan kategori tinggi. Setelah
menggunakan media belajar aplikatif berbasis website memperoleh nilai rata-rata sebesar 81% dengan kategori tinggi. Sehingga peningkatan kemampuan mengatasi kesulitan belajar sebesar 9%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Belajar Aplikatif, Kesulitan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 15 Aug 2025 04:36
Last Modified: 15 Aug 2025 04:36
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item
View Item