PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATUJAJAR

Rizna Nur Septyanti, 18010172 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATUJAJAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman awal.pdf] Text
Halaman awal.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran Penelitian.pdf] Text
Lampiran-lampiran Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pentingnya perencanaan karier pada siswa kelas VIII. Karena salah satu tugas perkembangan remaja adalah memilih dan mempersiapkan diri untuk menjalankan suatu pekerjaan, serta membuat keputusan
kariernya. Tujuan penelitian ini diantaranya ialah untuk mengetahui proses pengembangan produk, mengetahui kelayakan produk menurut ahli media, ahli materi, dan praktisi bimbingan dan konseling, mengetahui respon siswa dan
mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) melalui 9 tahapan pengembangan. Partisipan dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, raktisi bimbingan dan konseling dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batujajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk yang dikembangkan di SMP Negeri 1 Batujajar yakni media permainan ular tangga untuk perencanaan karier siswa, produk yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dengan persentase
menurut ahli media 98,21%, ahli materi 98,68%, dan praktisi bimbingan dan konseling sebesar 98,48%, lalu produk yang dikembangkan memperoleh respon siswa dengan kategori sangat baik dengan persentase 82,20% pada uji coba model dan sebesar 82% pada uji coba pemakaian. Diketahui pula bahwa produk yang dikembangkan efektif terhadap perencanaan karier siswa dengan uji hasil pre-test dan post-test saat menggunakan media permainan ular tangga, diketahui dengan
uji sampel t-test bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari sebelum dan sesudah diberikan layanan dengan menggunakan media permainan ular tangga perencanaan karier. Sehingga media permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan perencanaankarier.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media, Permainan Ular Tangga, Perencanaan Karier
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:29
Last Modified: 14 Aug 2025 07:29
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item
View Item