PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Qurota Ayuni, 20060002 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan agar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah pada materi interaksi sosial. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix methods. Mix Method adalah suatu metode penelitian campuran dengan menggabungkan antara metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di salah satu Sekolah Dasar
Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung kelas IV Tahun Ajaran 2023-2024. Subjek penelitian yang diambil adalah semua siswa-siswi kelas IV Sekolah Dasar. Adapun jumlah siswa kelas IV yaitu berjumlah 30 orang yag terdiri dari 15 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yaitu dengan pemberian soal pretest-posttest, pemberian lembar angket terhadap siswa dan wawancara guru kelas IV. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat di tarik kesimpulan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa sangat diperlukan dalam pembelajaran karena siswa akan memiliki keterampilan terbuka, belajar aktif, pemecahan masalah dan
komunikasi menjadi baik serta penggunaan model problem based learning sangat baik dalam meningakatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan memperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,5918 nilai ini ≥ 0,7 maka termasuk ke dalam kategori tinggi yang artinya efektifitasnya tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:15
Last Modified: 01 Aug 2025 02:15
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item
View Item