PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Putri Nur Anggraeni, 20060270 (2024) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan bahwa siswa kelas III SD Karakter Sabilul’Ilmy memiliki masalah dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep terutama pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Hasil peningkatan kemampuan pemahaman konsep yang menggunakan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran siswa kelas III sekolah dasar, (2) Kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, (3) Kendala guru dalam menggunakan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Method. Penelitian ini dilaksanakan di SD
Karakter Sabilul’Ilmy. Subjek penelitian yang digunakan yaitu 23 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan kelas III Ulul Albab. Hasil penelitian ini
menunjukkan (1) Rata-rata nilai meningkat sebesar 45,1% dan perolehan N-Gain sebesar 0,7630 yang termasuk kategori tinggi, (2) Kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep disebabkan karena ketidak telitian
siswa dalam membaca dan memahami soal yang diberikan, (3) Kendala guru dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning yaitu perlunya persiapan yang matang, waktu yang dibutuhkan lebih lama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning mampu meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep siswa kelas III sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep, Peningkatan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:08
Last Modified: 01 Aug 2025 02:08
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/595

Actions (login required)

View Item
View Item