Putri Lusiana Permas Mega Ninda, 20060050 (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCHUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA KELAS III SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (892kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (728kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (812kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (465kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Sampel yang diambil adalah kelas III yang berjumlah 16 siswa. Lokasi penelitian ini dilakukan di SDN Karangmulya. Metode yang digunakan penelitian adalah mixed methods dengan desain yang digunakan eksplanatory sequential. Data yang diperoleh melalui soal pretest dan posttest, angket kesulitan siswa dan wawancara kendala guru. Pada tahap kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain pre post one group design dan tahap kualitatifnya menggunakan metode deskriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Peningkatan kemampuan berhitung dapat dilihat dari hasil rata-rata N-Gain 0,38 > 0,05. Hasil uji Shapiro Wilk data yang diperoleh menunjukkan bahwa signifikansi pretest yaitu 0,124, posttest 0,087 <0,05. Sig. hasil uji-(paired-samples T tes). (2-tailed) adalah 0,001 <0,5 maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima, dengan demikian terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berhitung siswa dengan menggunakan model Kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada pembelajaran Matematika materi pecahan sederhana kelas III SD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung, Model Kooperatif tipe make a match, Matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:00 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:00 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/594 |