PUTRI HANDAYAN, 20060099 (2024) PENGGUNAAN MODELPROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIFSISWAPADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.
![[thumbnail of halaman awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
halaman awal.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (392kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (493kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (542kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (636kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (338kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN_compressed.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berfikir kreatif siswa kelas IV pada penggunaan model problem based learning materi sumber energi. Peningkatan berfikir kreatif menjadi salah satu kompetensi inti pada keterampilan yang tidak
terlepas dari kompetensi abab 21 yang harus dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain the explanatory sequential. Subjek penelitian dalam peningkatan berfikir kreatif pada siswa kelas IV sekolah
dasar. Penentuan subjek tersebut dipilih dari hasil wawancara di lapangan salah satu sekolah dasar yang ada di kabupaten Bandung Barat sebanyak 26 siswa. Teknik
pengumpulan data kualitatif dengan pemberian pretest dan posttest yang dilanjutkan dengan pengumpulan data kuantitatif berupa angket respon siswa, observasi pada guru dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa, uji
coba lapangan penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan berfikir kreatif termasuk dalam kategori baik dan meningkat. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning ini dapat digunakan proses pembelajaran dalam meningkatkan berfikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model problem based learning, peningkatan berfikir kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 06:37 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 06:37 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/592 |