PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III

NURUL FADILAH, 22060419 (2024) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of LAMPIRAN_compressed.pdf] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament dengan media berbantuan wordwall pada siswa kelas III Sekolah Dasar; dan
(2) Kesulitan siswa dan guru dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan penggunaan model Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament berbantuan wordwall. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain penelitian yaitu the explanatory sequential design. Lokasi penelitian dilaksanakan di salah satu sekolah di Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas III sebanyak 22 siswa. Adapun data penelitian diperoleh dari data pretest dan posttest, lembar angket untuk siswa dan guru, observasi dan wawancara. Berdasarkan data kuantitatif yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan semula rata-rata perolehan nilai 64,27 menjadi 89,68 dan mencapai persentase ketuntasan sebesar 86% setelah perlakuan model Team Game Tournament diterapkan. Sedangkan data kualitatif menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi para siswa berfokus pada penggunaan media wordwall melalui teknologi digital sehingga siswa cenderung masih sulit dan belum terbiasa melaksanakan turnamen akademik yang telah disiapkan oleh peneliti. Kemudian kesulitan guru menunjukkan
adanya kesulitan dalam mengelola kelas karena kegiatan pembelajaran yang seharusnya berjalan aktif namun dalam implementasinya pembelajaran seringkali berjalan tidak
kondusif. Sehingga guru harus mempersiapkan strategi pembelajaran dalam setiap aktivitas belajar. Selain itu kemampuan setiap siswa yang berbeda-beda menyebabkan guru
seringkali harus menjelaskan materi berulang-ulang kali. Di setiap pertemuan seringkali pembelajaran hanya didominasi oleh siswa yang cerdas, sehingga tidak terlihat siswa
mana yang belum mengerti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemahaman konsep matematis, Matematika, Team Game Tournament dan Wordwall
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:51
Last Modified: 31 Jul 2025 05:51
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item
View Item