PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI ORGAN PENCERNAAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

NURHASANAH, 22060175 (2024) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI ORGAN PENCERNAAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of halaman awal.pdf] Text
halaman awal.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of LAMPIRAN_compressed_compressed.pdf] Text
LAMPIRAN_compressed_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep pada materi organ pencernaan siswa kelas V cenderung rendah. Berdasarakan hasil observasi peneliti diawal menyatakan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai
KKM dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi organ pencernaan. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian mix methode dengan desain sequential explanatory. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Selakuning yang berjumlah 27 siswa. Data-data diperoleh dari nilai pretest dan posttest, angket respon dan wawancara. Teknik pengumpulan data kuantitatif yaitu
dengan pemberian soal pretest dan postest sedangkan untuk data kualitatif yaitu dengan pemberian angket respon dan wawancara. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning
untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep materi organ pencernaan pada siswa kelas V mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai n-gain Score yang diperoleh sebesar 0,75 dengan kriteria tinggi yang artinya efektifitasnya tinggi. Kesulitan siswa pada penelitian ini ialah siswa kesulitan dalam memahami materi organ pencernaan, sulitnya memecahkan masalah yang diberikan serta siswa kesulitan dalam mempresentasikan hasil karya. Adapun
kesulitan yang dihadapi guru dalam penelitian ini ialah guru kesulitan dalam menentukan masalah yang tepat, keterbatasan media pembelajaran, dan kesulitan guru dalam mengkondisikan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep, Organ Pencernaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Unnamed user with email 4sep.kustiana@gmail.com
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:24
Last Modified: 31 Jul 2025 02:24
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item
View Item