Ari Hayati, 15510087 (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Diploma thesis, IKIP Siliwangi.
![[thumbnail of Halaman Awal.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Awal.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (315kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (380kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (860kB)
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (183kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (399kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan
kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa SMP yang
pembelajarannya menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Eduction (RME)
dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa (Saintifik). Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Kota Bandung. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas
VIII SMP dengan jumlah sampel sebanyak 64 orang siswa yang dibagi menjadi 2
kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang
digunakan berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Data dianalisis
dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji signifikan perbedaan dua
rata-rata dan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang pembelajarannya
menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Eduction (RME) lebih baik daripada
yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa, sedangkan minat belajar
siswa yang pembelajarannya menggunakan Realistic Mathematics Eduction (RME)
lebih baik daripada yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Matematis, Minat Belajar, Realistic Mathematics Eduction (RME). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Sains > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Haidar Zein |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 07:12 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 07:12 |
URI: | https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/583 |