PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV

NOVI SITI ROKOYAH, 22060288 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV. Diploma thesis, IKIP SILIWANGI.

[thumbnail of Halaman Awal.pdf] Text
Halaman Awal.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (822kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi pecahan senilai, kemampuan siswa dalam memahami materi sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mix Method
dengan Design Explanatory Sequential dimana peneliti melakukan penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk digunakan secara bersama-sama dalam suatu kegiatan penelitian, sehingga diperoleh data yang lebih komprehensif, valid, dan realibel dan objektif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan berpikir kritis
matematis pada materi pecahan senilai dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media kongret, menelaah kesulitan siswa dan kendala guru kelas IV dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis materi pecahan senilai dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media kongret. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari tes tertulis, dan non tes seperti angket, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dengan nilai N-gain berkategori sedang. Siswa mendapatkan hasil nilai belajar yang baik serta guru dan siswa menunjukan respon positif terhadap pembelajaran yang diberikan. Pemahaman materi pecahan senilai siswa lebih baik dibandingkan sebelum mendapat perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning¸media kongret, kemampuan berpikir kritis, materi pecahan senilai.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:15
Last Modified: 15 Jul 2025 03:15
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/564

Actions (login required)

View Item
View Item