PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNIG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

NOUVA FELIA MARSHA, SHA NIM (2024) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNIG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, IKIP Siliwangi.

[thumbnail of DAFTAR ISI_merged (1).pdf] Text
DAFTAR ISI_merged (1).pdf

Download (893kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstrak

Penelitian ini berakar pada kelemahan dalam kemampuan berpikir kritis, kecenderungan menuju pemikiran irasional, kepasifan dalam proses pembelajaran, dan kurangnya epercayaan diri dalam menghadapi tantangan. Tujuan penelitian ini mencakup tiga hal, (1) untuk melihat eningkatan dalam kemampuan berpikir kritis melalui penggunaan model discovery learning (2) untuk mengevaluasi respons siswa terhadap penerapan model tersebut dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis (3) untuk engidentifikasi hambatan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan model discovery learning untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian menyarankan penerapan model discovery learning dalam pembelajaran. Metode pada enelitian ini adalah mixed methods dengan desain explanatory equential. Strategi kuantitatif menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah menerapkan model discovery learning. Sementara itu, respons siswa dan hambatan yang dihadapi guru diidentifikasi
melalui instrumen angket dan wawancara.Sampel penelitian terdiri dari 28 siswa kelas 3. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, dan hasil penelitian menyiratkan peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis. Analisis menggunakan Wilcoxon signed ranks test menunjukkan perbedaan rata-rata skor yang signifikan. Kenaikan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari nilai N Gain sebesar 0,67 dengan kategori sedang, yang diperkuat oleh peningkatan signifikan pada setiap indikator kemampuan berpikir kritis. Selain itu, respons positif dari siswa dan minimnya hambatan yang ihadapi guru saat menerapkan model discovery learning juga mendukung kesimpulan bahwa model tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru SD
Depositing User: Admin Perpustakaan IKIP
Date Deposited: 14 Jul 2025 03:57
Last Modified: 14 Jul 2025 03:57
URI: https://repository.ikipsiliwangi.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item
View Item